var id = "01a5cd893ff36b6bc9aa2b107f7b007163db1210"; class="post-template-default single single-post postid-68 single-format-standard no-slider content-r" layout='2'>

Masih Pemula Bingung Jualan Online? Berikut 5 Tips Jualan Datangkan Omzet Besar

Perkembangan teknologi menuntut banyak perubahan di dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Hal tersebut dapat terlihat dari banyaknya peminat marketplace di Tanah Air. Tentunya, kesempatan ini bisa menjadi salah satu cara bagi para usaha UKM untuk meningkatkan pangsa pasar produk, sekaligus memperluas jaringan konsumen.

Tidak menutup kemungkinan bagi Anda yang ingin berjualan secara sistem dropship atau reseller berpeluang besar untuk jualan online. Maka dari itu, Anda wajib mengetahui tips untuk banjir orderan meskipun Anda bekerja di rumah saja tanpa stok barang.

Tips Jualan Online Bagi Para Pemula di Marketplace

Bagi Anda yang mempunyai usaha untuk kategori barang tertentu seperti pakaian, peralatan rumah tangga dan lain sebagainya. Anda dapat memulai usaha baru di marketplace dengan harga bersaing. Salah satu e-commerce yang bisa Anda jadikan tempat untuk membuka lapak adalah Blibli.com.

Jualan Online

Apabila Anda berkeinginan jualan online. Maka pastikan produk yang dijual valid dan sesuai dengan deskripsi. Selain itu, untuk mendatangkan orderan ke toko Anda. Maka Anda perlu mengetahui beberapa tips jualan online untuk pemula berikut ini:

  1.     Membuat Website untuk Jualan

Anda berkeinginan untuk membuka bisnis dalam jangka waktu yang lama. Maka pilihan terbaik adalah membangun website. Salah satu tips ini memang penting karena website memiliki banyak kegunaan.

Beberapa kegunaannya meliputi, tempat untuk berjualan, pemasaran produk, media komunikasi antara buyer maupun seller dan business branding.

Biasanya, bisnis yang dilakukan secara daring dan memiliki website kerap kali dipercaya oleh pihak konsumen. Hal inilah mengapa Anda perlu membangun brand awareness dengan membangun website secara mandiri dengan menampilkan ciri khas dari image produk Anda.

  1.     Mengenali Produk dan Nilai Jualnya

 

Selain membangun bisnis melalui website, Anda perlu mengenali produk yang ingin dijual. Hal ini penting dilakukan ketika Anda menawarkan produk kepada para pembeli. Anda dapat berlaku menjadi seorang pembeli untuk mengenali nilai value dari produk yang ditawarkan.

Anda dapat memberikan kesan berbeda pada packaging, fungsi produk yang lebih baik dari produk sejenis dan lain sebagainya. Anda dapat menilik kembali apa saja keunggulan barang tersebut dibandingkan kompetitor lainnya. Mengenal nilai value dari sebuah produk sangat penting untuk mendatangkan orderan.

  1.     Memanfaatkan Sosial Media dan Periklanannya Secara Aktif

Media sosial merupakan salah satu media terbaik untuk menjajakan produk Anda agar lebih dikenal oleh konsumen tertarget. Umumnya, orang banyak menghabiskan waktu untuk melihat timeline maupun scrolling media sosial. Kesempatan ini bisa menjadi peluang Anda untuk membangun hubungan baik dengan konsumen.

Hal tersebut dapat membuat konsumen menjadi lebih loyal pada brand Anda. Usahakan media sosial Anda tidak berisikan tentang jualan saja, Anda juga dapat memberikan konten menarik terkait tips maupun trik dengan produk yang dijual. Hal ini menjadikan konsumen mendapatkan pengetahuan baru dan tetap setia dengan akun media sosial Anda. Selain itu, Anda dapat memanfaatkan ads di setiap platform. Hal ini membantu memasarkan produk Anda secara meluas kepada pihak konsumen.

 

  1.     Manfaatkan Marketplace

Selain menggunakan website, Anda dapat berjualan melalui marketplace terpercaya. Salah satu marketplace yang bisa menjadi pilihan untuk produk Anda adalah Blibli.com. Keberadaan marketplace dapat membantu menaikkan popularitas Anda di mata konsumen. Tentunya, produk yang dijual lebih trusted untuk diorder.

  1.     Membuat Deskripsi Produk Semenarik Mungkin

Produk yang dijual dengan teknik copywriting yang baik dapat mendatangkan orderan banyak. Maka dari itu, Anda perlu mengisi deskripsi sedetail mungkin untuk membantu konsumen menentukan pilihan produk terbaik sesuai kebutuhan. Pastikan, Anda membuat deskripsi yang mudah dipahami dan dimengerti oleh pihak pembeli. Usahakan tidak terlalu hardselling.

  1.     Melakukan Packing Secara Aman

Usahakan saat melayani konsumen selalu teliti mengenai pesanan yang diinginkan. Hal ini penting agar pihak konsumen mendapatkan produk sesuai dengan harga. Jangan lupa untuk memperhatikan pengemasan yang aman untuk produknya. Hal ini dapat mempengaruhi konsumen untuk repeat order maupun memberikan review buruk terhadap pelayanan Anda.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh para pemula yang ingin membuka bisnis secara daring. Tips jualan online tersebut sangat berpengaruh terhadap peningkatan produk jual Anda. Apabila Anda menerapkannya dengan baik.

 

 

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>